X-Trail Club Indonesia

XCI 1st Gathering, Cikal Bakal XCI

Kalau diartikel sebelumnya terbentuknya XCI dijelaskan secara ringkas. Pada artikel kali ini kami sajikan cerita Kopdar pertama XCI yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya X-trail Club Indonesia. Artikel ini ditulis langsung oleh pelaku sejarah, Ketua Umum pertama sekaligus pendiri XCI. Beliau akrab dipanggil GusSur, XCI-001.

================================================================================

X-Trail pertama kali masuk Indonesia pada tahun 2002 secara Built-Up, dengan mesin 2.000cc, melalui importir umum. Ada beberapa yang juga masuk via ATPM (kalo gak salah), namun lebih di dominasi oleh IU.

Penampilan perdananya ketika itu, cukup membekas dan membuat penasaran orang yang melihat-nya.
Namun sayang, harga-nya waktu itu, sangat mahal..Kalo gak salah, lebih dari Rp. 300 juta.
Berlanjut dari situ, melengkapi Line Up SUV Nissan yang ada di sini, akhirnya tahun 2003, PT. NMI merakit X-Trail dengan kode T30 dibekali mesin 2,500cc.
Otomatis, mesin lebih besar, tenaga yang dihasilkan lebih gede,
Nissan mengklaim bahwa tenaga yang di hasilkan adalah 180ps, dan harga CKD-nya waktu itu sekitar Rp. 248 juta.
Booming-nya penjualan x-trail, berdampak munculnya milist-milist di internet sebagai wadah komunikasi para penggunanya, dan salah satu diantara-nya adalah milist my-xtrail, di http://groups.yahoo.com/groups/my-xtrail
yang melengkapi milist-milist lain seperti milist nissan-xtrail, xtrail-club, dlsb yang ada di Indonesia.
Dari milist my-xtrail yang di create pada tanggal 30 May 2005 itulah, akhirnya para anggota milist tersebut bersepakat untuk melakukan kopi darat, yang di rencanakan pada tanggal 26 Agustus 2005.
Kebetulan, di milist tersebut, di monitor oleh pihak ATPM untuk memantau keluh dan kesah dari para pemakai kendaraan tersebut.
Namun, keberadaan dan terbentuknya milist MY-XTRAIL tersebut, sama sekali tidak berhubungan atau berafiliasi dengan ATPM.
Milist my-xtrail terbentuk secara Independen, di create bukan oleh karyawan NMI ataupun anak usahanya, namun murni terbentuk atas inisiatif dari pemerhati, penggemar, dan pemakai Nissan X-Trail.
Hal ini perlu di pertegas untuk menjelaskan status milist MY-XTRAIL yang merupakan cikal bakal terbentuknya XCI, dan Alhamdulillah, masih bertahan hingga kini, dengan independensi dan kemandiriannya.
—————————————————————————————————————-
Sesuai kesepakatan para anggota milist, akhirnya pada hari Jum’at tanggal 26 Agustus 2005, ditentukan lokasi Tatap Muka di RM. Dapur Sunda, Pancoran.
Yang pertama kali hadir, sebenarnya adalah Michael Tenggala, namun karena yang pertama kali mengisi daftar hadir adalah Agus Suriyadi, maka mulai dari situlah penomoran anggota XCI di mulai.
Daftar Hadir Kopdar pertama XCI
Daftar Hadir Kopdar pertama XCI
Total ada 16 orang peserta yang hadir pada malam itu, nomor 16 datang menyusul dan tidak sempat tanda tangan daftar kehadiran, beliau adalah Teddy Irawan, yang datang secara personal, bukan mewakili institusi tempat dia bekerja.
Malam itu, diadakan pemilihan untuk pembentukan pengurus baru XCI, untuk masa bakti 1 tahun kedepan, yakni 2005 – 2006
Peserta yang akhirnya mendapat suara terbanyak adalah Agus Suriyadi, yang sekaligus memulai jabatan sebagai Ketua Umum I, di dampingi oleh Sae Tanangga Karim sebagai Sekjen, dan Bendahara-nya adalah Okto Suryadi Lie.
Sementara di minta sebagai penasihat adalah Teddy Irawan, Yogana Prasta, dan Bambang Tjahjono.
Beginilah antusiasme para hadirin dalam mengisi form pendaftaran anggota, yang telah di siapkan oleh Agus Suriyadi, yang secara kebetulan ditunjuk menjadi Ketua Umum I.
Suasana Kopdar Perdana XCI
Suasana Kopdar Perdana XCI
IMG_0019
diatas adalah para peserta yang hadir, dari berbagai latar belakang, pekerjaan, suku, agama, ras, pendidikan, jabatan, dan lain sebagai-nya, yang semuanya SEPAKAT melebur tanpa PRADUGA dengan SEMANGAT KEBERSAMAAN dalam KEBERAGAMAN dengan prinsip SALING MENGHARGAI satu sama lain, untuk menjadi SAHABAT, dalam sebuah komunitas, X-trail Club Indonesia.
Selamat atas berdiri-nya XCI !
Semoga makin kompak dan menjadi warna baru di komunitas pencinta otomotif di Indonesia.
(Sebagaimana ditulis oleh XCI-001)