X-Trail Club Indonesia

XCI Family Gathering Jatiluhur Jawa Barat, 15 Januari 2006

Jatiluhur? benarr..Jatiluhur..

Saya pribadi sekembalinya dari sana, sempat terpikirkan mengenai arti dari Jatiluhur (mungkin..JATI itu KUAT, LUHUR itu BAIK) entahlah..mudah2an..dengan makna dari kata JATILUHUR versi saya…membuat XCI bisa sekuat kayu JATI..dan juga bisa LUHUR..amienn..

Selepas membayar 1000 rupiah dipintu toll Kebon Jeruk menuju Tomang, perjalanan saya lanjutkan menuju ke toll dalam kota arah Cawang dengan membayar Rp 4500. Lancar sekali perjalanan pagi itu, maka wajar saja..dengan kecepatan santai antara 80-110 kpj..selain tak terasa..anak saya yang paling kecil juga turut menikmati pemandangan gedung-gedung tinggi Jakarta dipagi hari..pesawat Merpati yang akan mendarat di Halim..dan lalu lalang kendaraan yang berlalu dengan lancar. Dan persis jam 08.43 pagi, kami tiba di “SPBU PERTAMINA – STARBUCKS drive thru”.

Setibanya disana, dua rekan kita sudah menunggu..yakni:  Pak Budhi Soekana dari Bandung, dan Pak Ahie serta Pak Ardhy yang telah lebih dulu sampai. Kalo Pak Budhi saya sudah pernah ketemu…tapi kalo Pak Ahie dan Pak Ardhy? kemaren adalah kali pertama kami bersua.

 Saluut juga buat Pak Ardhy yang walau kondisinya lagi “ngga fit” rupa-rupanya bisa juga hadir untuk melepas rombongan untuk “START” perjalanan ke Jatiluhur.

Menit demi menit menuju jam 09:00..anggota lain bermunculan..seperti Pak Teddy Irawan bersama keluarga(XCI-016), Pak Adi bersama keluarga (XCI-031), Ibu Trisia Megawati & Family (XCI-022), dan Pak Agung Riswanto & Family (XCI-027)

Sebagaimana biasa..sambil menunggu menuju jam 09.00 rombongan saling berkenalan dan berjabat tangan..kalo boleh dibuat kategorinya sebagai berikut ;

– ada yang baru ketemu

– ada yang sudah lama ngga ketemu (sebagian besar hehehehhe)

– ada yang belom pernah ketemu (pingin gabung tapi berhalangan)

Yang lain berkumpul sambil berkenalan..ada juga yang nyempet-nyempetin nempel stiker..dan ada juga yang ngeliat hasil salon dari perfect shine..dan lain sebagainya.. pokoknya.. muantefffff…

Sesuai komitmen pada pemberitahuan sebelumnya, baik itu melalui SMS maupun Email, rombongan sepakat untuk memulai perjalanan, karena waktu sudah menunjukkan jam 09.10 WIB. Walau ada yang masih dalam perjalanan (P’Angga) dengan sebelumnya memberikan informasi kalau kita akan berangkat, kita memulai perjalanan.

Sebagai road captain, kebetulan saya (walau belum pernah ke JATILUHUR) yahh modal nekat aja deh..

toh di cikampek saya udah confirmed kalo Pak Suhardiman akan nunggu kita dengan Terrano-nya di Simpang menuju Cikampek dan Cipularang.

Terimakasih kepada Pak Suhardiman karena selain sigap dalam menjawab pertanyaan temen-temen pada acara tanya Jawab..juga ternyata piawai sebagai “voojrider” dengan sirine dan lampu sein kedap-kedip kiri kanan..heheheh.. (btw..kapan masang-nya tuch..)

Rute dari Bekasi Timur – Tambun – Dawuan dilalui dengan kecepatan antara 80-100 kpj..

wahhhh…ternyata kompak banget…saya sebagai road captain kemaren..tidak menyalakan lampu “hazzard” karena memang peruntukan-nya bukan untuk konvoi..untung-nya..temen-temen lain pun mengikuti…saluttttt deh pokoknya..

Sebagai pengganti, saya pasang aja lampu “senja” dan fog lamp depan. Sementara di belakang… lampu “fog” yang ada dibumper..yang telah selesai saya pasangin alat tambahan..ternyata mampu berkedap-kedip

dengan sangat baik…wuihhh..tambil beda euy !!..kalo semua XCI’ers pasang.. manteb sudarsono nih..konvoi XCI’ers bakalan beda !.. mudah2an bisa jadi panutan buat komunitas lain…

Kurang lebih jam 10.00 WIB rombongan sudah tiba di EXIT JATILUHUR Ciganea setelah terlebih dahulu melunasi tarif toll sekali jalan sebesar Rp. 15 ribu. Kali ini..Road Captain langsung di take over oleh Pak Suhardiman..sekaligus sebagai Tour Guide..bukan main lincah dan hapalnya Pak Suhardiman ini..padahal dari usia…kalo baru pertama kali ketemu..pasti akan berkesan kalo faktor U pasti akan berpengaruh pada driving habbit. ternyata tidak buat Pak Suhardiman..sebagai gambaran saja..Pak Suhardiman ini termasuk orang yang berkaki berat kalo lagi bawa mobil…tapi…tidak kalo lagi rombongan..inilah salah satu manfaat berjalan secara rombongan..secara tidak langsung..ikut juga berpengaruh kepada safety driving..hingga mengurangi kemungkinan kebut-kebutan yang ngga perlu..

dan wajar saja..biasanya keluarga akan senang karena mengendarai mobil tidak serasa naik roller coaster…hehehheehehe

Memasuki kawasan wisata jatiluhur, masing-masing peserta ditanya berapa orang oleh petugas pintu masuk. Saya pribadi akhirnya dikenakan Rp. 8 ribu rupiah dengan rincian: 2 orang x Rp. 2500 = Rp. 5000 ( di tanda masuknya sih tertera Rp. 2100) 1 mobil x Rp. 3 ribu

Selesai urusan pintu masuk ini, Pak Suhardiman membawa kita menuju tempat yang dituju..

tadinya sih mau ke parkiran deket waterboom…namun berhubung panas..dan kasihan untuk anak-anak..lokasi kitapindahkan dibibir pantai…eh..bibir danau / waduk..

Lokasinya serasa dipinggir laut..dengan hembusan angin yang cukup kencang..sebenarnya enakk untuk main layang-layang..

Sementara mobil sedang diparkir, satu lagi anggota rombongan dari Bandung segera bergabung..,yang membuat anggota yang gabung nambah satu lagi..

Selesai mem-posisi-kan kendaraan seperti yang di-inginkan..banyak juga fotografer dadakan yang berpotensi untuk menjadi fotografer profesional..hehehhehe..jadi kalo XCI ada kegiatan..ngga usah kita assign 1 atau beberapa orang tertentu untuk menjadi Sie Dokumentasi..semuanya piawai dan oke-oke lhooo..

Dari Bagasi X-Trailnya..Pak Teddy Irawan memberikan apresiasi atas ke-ikut sertaan anggota untuk event kali ini, semua kendaraan dapat 1 tanpa terkecuali. dan itu ternyata berguna banget..pas banget dengan

kondisi dan keadaan kemaren…bener kan?

Sebelum kelupaan..saya ingin mengucapkan Terimakasih kepada Pak Teddy Irawan…(sayang..dikantor saya ngga ada souvenir yang juga bisa saya persembahkan untuk teman-teman sekalian)

Parkir dilapangan yang cukup luas namun tempatnya ngga memungkinkan, akhirnya kita pindah ke tempat yang “teduh” dibawah rerimbunan pohon untuk berkumpul. Sewa 4 tikar (alas duduk) pun langsung kita order seharga Rp. 20 ribu dari dana kas.

Dan acara dimulai oleh MC kita yakni Pak Budhi Soekana.. sementara Istrinya Pak Budhi menyiapkan oleh-oleh dari Bandung berupa Brownies Cake .. wahhhh.. Thanks alot ya….makin lengkap dan mantap nih..!

Satu per satu anggota saling memperkenalkan diri..termasuk saya..lengkap dengan alasan kenapa saya dipanggil GusSur (kalo Agus namanya dah pasaran banget katanya..jadi kalo nerima telpon dari Agus..pasti akan nanya dulu..Agus mana?…beda kalo GusSur..pasti akan nanya..abis kena Gussuran ya..? hwahahahhahahaha)

Semuanya memperkenalkan diri dengan baik..jauh banget dari kesan formal ketika kita ada dilingkungan pekerjaan atau tempat formal lainnya..hingga suasana perkenalanpun penuh dengan canda tawa..akrab…bagai kita sudah pernah bertemu sebelum-sebelumnya.. hangat dan kekeluargaan sekali suasananya…apalagi ini bersama keluarga..

Memperkenalkan diri berlangsung dengan lancar…dan kemudian dilanjutkan dengan acara diskusi dan tanya jawab mengenai kendaraan. Kira’in hanya Bapak2nya aja yang antusias.. kaum Ibu-pun rupanya tak kalah antusias.. tak heran..penjelasan dari Pak Suhardiman..juga dari Pak Teddy Irawan..mampu memuaskan para hadirin tentang tanya jawab mengenai keluhan kendaraan.. Jauh beda kalau kita nanya pake “ngetik” di keyboard komputer.. rasanya masih kurang tuntas penjelasan-nya..tapi kemarin itu…ruarrrr biasaaaa….tuntassss tassss….. penjelasan-nya..itu sih kesan saya..walau saya harus menemani anak ke dua saya yang rewel karena ngga seneng duduk berlama-lama dan pingin naik sepeda rel…tapi acara berlangsung terus dan diskusi makin menarik…

Yang saya cukup heran..sudah jam 12.40-an kok masih pada belum ngajakin makan siang ya…? hmmm..ini pasti karena “akrab” nih….semakin siang menuju jam 01:00..cuaca sudah mulai mendung..pas benerrr dengan suasana perut yang juga sudah minta di-isi..diskusi mengenai lokasi makan siang..akhirnya disepakati tempatnya di Resto Alam Sari Dawuan, Bukit Indah Cikampek.

Lagi-lagi Pak Suhardiman mengajak kita menuju lokasi tersebut.. sayang..karena urusan yang tak dapat ditinggalkan di rumah..Pak Suhardiman harus kembali secepatnya karena ada pengiriman barang yang harus dihandle oleh beliau. Eniwei..Terimakasih sekali lagi ya Pak Suhardiman..

Acara dilanjutkan dengan makan siang di resto tsb..sayang, derasnya hujan..membuat kami (Saya, Pak Teddy, Pak Adi) terpisah dengan teman-teman lain-nya. dah gitu..HP saya ketinggalan dimobil lagi..

ya sudahlah..akhirnya kami pun memesan makanan dan makan dilokasi yang terpisah..namunnn..selesai dari situ…kala hujan-nya sudah mulai reda..diskusi dilanjutkan mengenai acara selanjutnya..termasuk lanjutan rencana untuk bulan Juni ’06 mengenai bentuk dan rute perjalanan-nya..pembahasan mitra XCI, dan pembahasan mengenai kemungkinan manfaat lebih sebagai anggota di bengkel resmi dan jaringan-nya..

Tunggu aja kabar baiknya ya..pokoknya sayang banget deh karena ngga mendengar berita ini secara langsung..dan mungkin..salah satu manfaat gathering ya mungkin itu..kita bisa mendengar informasinya via face to face in open discussion forums.

Mengingat waktu sudah jam 15.30-an..dan hari itu adalah Hari Ulang Tahun Pak Wakil Ketua…kita-pun turut menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun dan doa kita agar beliau diberikan kesehatan hingga bisaterus bargabung pada acara XCI..diberikan rezeki yang banyak oleh TUHAN YANG MAHA KUASA..dan diberikan kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan-nya.Amien..

Dari Restoran…sesuai usulan dari Pak Agung dan anggota lain menyetujuinya..Pak Teddy Irawan membawa kita untuk mengunjungi pabrik dari sisi luarnya aja..(abis ujan boww)..awalnya sih saya ada didepan..tapi karena ngga tau..saya nekat aja..ehhh..ada yang ngikut…tapi lama-lama kok cuman 2..dan belakang saya adalah mobilnya Ibu Trisia & Pak Ahmad…hehehehhehehehe…saya liat lagi..yang lain pada belok kanan…langsung didepan ada puteran..dan saya balik arah..heheheh..untungnya Ibu Trisia dan Pak Ahmad juga ikuttt..dan kami kembali kepada rombongan menuju kawasan Pabrik.

Di luaran nampak banyak X-Trail sudah siap kirim..dan dibiarkan kehujanan..sampe saya berkomentar sama istri saya..”Wahhhh..kalo Pak Teddy ngga ada tempat..ngga papa deh..kirim satu atau dua ke rumah saya..biar ngga keujanan gituu” istri saya sih cuman ketawa sambil senyum..

Perjalananpun dilanjutkan..oleh Pak Teddy..saya diberi tanda untuk ambil alih rombongan ada di depan..dan Pak Teddy jadi “sweeper” agar jangan sampai ada anggota rombongan yang tertinggal.

Cuaca hujan dan gerimis..ditemani lagu dari Chrysye membuat perjalanan Minggu kemaren itu nikmat sekaliiii..

Sore-nya..saya kirimkan SMS ucapan terimakasih kepada para hadirin atas partisipasi, dan kontribusinya hingga acara berlangsung sukses. Benar-benar memberikan kesan buat kami sekeluarga.. Thanks All..

Biar lebih lengkap, hadirin kemarin adalah sbb;

1. Pak Budhi – Bandung

2. Pak Ahie – Jkt

3. Saya – Jkt

4. Pak Ardhy – Jkt

5. Pak Teddy – Jkt

6. Pak Adi – Jkt

7. Pak Agung – Jkt

8. Ibu Trisia – Jkt

9. Pak Suhardiman – Cikampek

10.Pak Angga – Bogor

11.Pak Teddy Iskandar – Bandung

Sampai ketemu di event berikutnya..mohon maaf bila ada yang kurang berkenan karena memang acara kemaren ngga pake survey..dan ngga adapanitia pelaksana-nya..semoga semua Happy…

Salam XCI.

GusSur

XCI-001

B 8680 WK

Titanium Silver

Alutec Strut Bar

Toyo Tires & K-Speed Alumunium Alloy Wheel

Dual Type Muffler by Standard Adi Knalpot

Leather Seat by ROYAL

Electronic Rust Evader

Grounded Wired

Windshield by EGR

 

(disadur dari posting milis di my-xtrail@yahoogroups.com tertanggal 15 Januari 2006)