X-Trail Club Indonesia

T-30 dan T-31, Kode Apakah?

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2002, Nissan X-trail sudah diproduksi dalam 2 generasi. Generasi pertama, cukup disebut dengan Nissan X-trail diberi kode rangka T30. Generasi pertama ini memiliki beberapa varian. Pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2003 diimpor utuh atau Completely Built Up. Kemudian Nissan Motor Indonesia merakit Nissan X-trail di dalam negeri yang kemudian dipasarkan dalam 2 varian, yaitu type st dan tipe xt. Keduanya mengusung mesin yang sama berkapasitas 2500 cc. Perbedaannya terletak pada roof lamp yang dimiliki oleh type XT.

Nissan X-trail T30 (type st)
Nissan X-trail T30 (type st)

Kemudian muncul varian baru yaitu type stt yang tampil lebih sporty dengan penambahan mudguard, over fender dan roof bar. Pada tahun 2007, NMI mengeluarkan satu lagi varian T30 dengan kapasitas mesin lebih kecil 2000 cc dan transmisi manual.

Tahun 2007 juga mulai diperkenalkan Nissan X-trail generasi kedua atau yang dikenal dengan All New X-trail, yang diberi kode T31. Sejak awal kelahirannya, generasi kedua ini terdiri dari 4 varian dengan kapasitas mesin 2000 cc dan 2500 cc. Selain dari perubahan penampilan, T31 khususnya varian dengan transmisi otomatis juga dilengkapi dengan sistem transmisi baru, yaitu Xtronic CVT. Untuk varian dengan kapasitas mesin 2000 cc, tersedia dua pilihan, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis Xtronic CVT. Sedangkan untuk varian dengan kapasitas mesin 2500 cc terdiri dari dua type yaitu st dan xt, keduanya dengan transmisi otomatis Xtronic CVT.

All New Nissan X-trail (T31) Type XT
All New Nissan X-trail (T31) Type XT