X-Trail Club Indonesia

XCI REGIONAL RIAU TOURING TOBA SAMOSIR 13-15 SEPTEMBER 2019

 

Toba, xtrailclubIndonesia.org – “Horas… Horas… Horas…… “

Kata horas merupakan salam khas batak, merupakan ungkapan rasa gembira dan syukur yang diucapkan saat berjumpa ataupun saat berpisah.

Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia tenggara menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengunjungi nya, termasuk anggota X-Trail Club Indonesia Regional Riau yang mengadakan touring pada tanggal 13-15 September 2019 yang lalu.

Pemberangkatan di mulai dari Tikum simpang Arengka, di awali dengan breafing dan doa bersama oleh anggota dan keluarga yang ikut serta dalam rombongan.

Perjalanan yang di komandoi oleh Road Captain (RC) om Jeni dengan T32 nya melesat disepanjang jalan lintas Sumatera yang di dominasi oleh kendaraan truk menjadikan rangkaian harus selalu waspada dan dalam kondisi yang selamat.

Dibantu oleh Safety Officer (SO) om Federico dengan T31 lemon nya menjadikan rangkaian tetap terawasi dan sesekali mengambil dokumentasi kegiatan.

Rangkaian ditutup oleh Sweeper (SW) om Ochip dengan T30 nya untuk memastikan tidak ada KR yang tertinggal dan memastikan rangkaian dalam keadaan kondisi yang selamat.

Rangkaian sempat berhenti sejenak di kota Duri untuk membagikan masker kepada masyarakat yang masih terkena dampak dari kabut asap.

Rantauprapat Prapat menjadi tempat menginap pertama menuju danau Toba, dan melanjutkan kembali keesokan hari nya agar kondisi lebih fit.

Hari kedua seluruh rangkaian menyempatkan untuk berbelanja oleh-oleh khas kota Pematang Siantar sebagai salah satu rangkaian touring kali ini.

Setibanya di Parapat rangkaian langsung cek inn hotel dan menyebrang danau Toba menuju pulau Samosir dengan kapal wisata yang sudah di Charter.

Di pulau Samosir, tujuan pertama rombongan yaitu ke desa Ambarita untuk melihat Istana Raja Siallagan, Rumah Istiadat Batak lainnya dan Budaya Batak yang dijelaskan oleh Guide yang mendampingi selama wisata

Rombongan ikut serta dalam Tarian Khas Batak yaitu Tari Tor-Tor dengan sangat antusias, menggunakan ikat kepala dan kain ulos sebagai tambahan pakaian yg harus digunakan.

Setelah puas berfoto ria dan berbelanja oleh-oleh kemudian melanjutkan destinasi yang kedua menggunakan kapal tersebut menuju Desa Tomok yang sangat kental dengan budaya Batak nya.

Malam hari nya di isi kegiatan santai karoke bersama sambil disuguhi pemandangan dari sisi danau Toba yang sangat indah

Hari ketiga di awali foto bersama seluruh KR dan mengucapkan salam perpisahan kepada danau Toba, yang semoga bisa kembali di lain kesempatan.

Kepulangan menuju pekanbaru sesuai rekomendasi dari Om Mawan Ginting, Rangkaian melalui jalur Air Terjun Sigura-gura, kondisi jalan melewati perbukitan “bukit barisan” sangat indah dan banyak lintasan yang Xtrail banget. Dimulai dari tanjakan curam, turunan berkelok, jalan sempit, jembatan kayu, melewati beberapa air terjun sampai dengan melewati jembatan kokoh lintasan sungai Asahan yang deras.

Rangkaian tiba di kota Pekanbaru dengan selamat dan dengan berjuta pengalaman baru tentunya.

Sampai berjumpa di Touring Akhir Tahun selanjutnya bersama XCI Regional Riau pada pertengahan Desember 2019 ini ke Pulau Bangka Belitung yang sangat indah pantai nya.

“Horas… Mejuah-juah Kita Kerina….”

Comments are closed.