X-Trail Club Indonesia

TYPE-TYPE BAN

Sebagai pengemudi, Anda harus bertanggung jawab atas segala sesuatu yang akan terjadi pada mobil yang dikemudikan. Untuk itulah, sebelum berkendara, ada beberapa hal yang patut Anda periksa menyangkut keselamatan di jalan.

Hal ini karena banyak tipe ban yang dibuat untuk aplikasi medan tertentu seperti off-road. Kemudian, untuk kenyamanan dan keselamatan  Anda di jalan, kondisi ban pun sangat vital untuk dicek. Tekanan ban yang cocok dengan suhu dan situasi jalan aspal pada umumnya berukuran 28 Psi.

Berikut ini uraian mengenai tipe ban mobil yang sering dijumpai di pasaran.

MT/Mud Tire

Ban untuk keperluan lapangan. Cirinya mempunyai corak kembangan yang kasar dan biasanya telapaknya mampu membersihkan sendiri dari kumpulan lumpur tebal yang menempel di ban.

Komponen ban yang lembek juga memberi traksi cukup baik di lintasan off-road serta agresif di medan berat seperti lumpur dan jalan berbatu.

Karena memiliki komponen yang lunak, ban ini akan cepat habis bila dipakai di jalan raya serta tidak mempunyai daya cengkeram yang bagus di jalan aspal.

Hal ini karena mempunyai corak kembangan yang berjauhan hingga mempunyai jarak pengereman yang jauh apabila dipakai di jalan aspal sewaktu hujan.

Di jalan raya, ban tipe ini juga menimbulkan suara yang mendengung di kecepatan tinggi. Di negara tertentu ada pelarangan pemakaiannya di jalan raya, seperti Singapura dan Australia.

Mud TerrainAT/All Terrain

Ban untuk segala medan. Sesuai dengan namanya, ban ini dapat digunakan di segala medan. Walau sebenarnya mempunyai kelemahan dan tidak cukup tangguh pada medan off-road ekstrem semisal lumpur dan salju tebal.

Namun untuk medan dengan handicap ringan seperti jalan berbatu, tanah, lintasan salju atau lumpur biasa maupun aplikasi jalan raya, bisa diandalkan.

Ban All TerrainMS/Mud and Snow

Ban ini diperuntukkan untuk medan bersalju atau lumpur yang ringan dan cocok untuk di lintasan basah karena memiliki daya cengkeram yang baik.

Mud and SnowHT/Highway Tire

Ban untuk kecepatan tinggi di jalan raya. Dirancang khusus untuk permukaan jalan aspal atau jalan raya. Kembangannya mempunyai bentuk multiguna dan tidak berisik dipakai di dalam kota. Dianjurkan pemilik mobil jenis 4×4 menggunakannya untuk pemakaian sehari-hari.

(kpl/tr/bun)Highway Terrain

Source : https://www.otosia.com/berita/mengenal-tipe-ban-mobil.html